"Pendidikan dalam Pusaran Modernisasi"
Judul Buku : Pendidikan Neomodernisme (Telaah Pemikiran
Fazlur Rahman)
Penulis : M. Rikza Chamami, M. Si.
Penerbit : Walisongo Pers
Tahun Terbit : 2010
Tebal Buku : 224 halaman
Teks : Bahasa Indonesia
Resentator : Nurul Elmi Auliawati
Buku
pendidikan neomodernisme merupakan buku karya pertama M. Rikza Chamami. M.Si.
yang memaparkan telaah pemikiran Fazlur Rahman tentang modernisasi Islam. Bagi Fazlur Rahman pendidikan adalah pokok utama
yang harus dikedepankan dalam semua bentuk pembaharuan islam. Pernyataan
tegasnya adalah : any islamic
reform now must begin with education. Pendidikan
yang paling urgen bukanlah bentuk kuasi-fisik untuk pengajaran saja, tetapi
model pemikiran progresif yang mampu menyokong kemajuan islam kehidupan. Gambaran pembaharuan model
pendidikan islam banyak diselimuti oleh pandangan neomodernisme. Pandangan
ideologi filsafat ini ditekankan pada bagaimana menempatkan agama ditengah arus
modernitas dengan tetap berpegang teguh pada prinsip normatif, sekaligus
mencoba untuk menjajakan islam dengan wajah masa kini. Termasuk didalamnya
adalah menata sistem pendidikan dengan model pembaruan, baik materi, kurikulum,
metode hingga sarana-prasarana.
Buku
ini memberikan kajian yang mendalam terhadap pemikiran Fazlur Rahman yang
berkaitan dengan neomodernisme, terutama aspek pendidikan yang masih tertutup
rapat. Kajian mendasar yang banyak diteliti dan ditulis tentang pemikiran
Fazlur Rahman hanya seputar hukum, sosial dan politik. Peta pemikiran rahman
didasarkan pada studi tentang pembaharuan islam yang dimulai dari masa
pramodern, modern, hingga neomoden. Tentu ada corak pemikiran neomodernisme
yang pada akhirnya juga melibatkan bidang pendidikan islam. Karenanya dalam
kajian buku ini juga dibahas tentang implikasi pemikiran neomodernisme yang
digagas oleh Fazlur Rahman dalam pendidikan islam.
Fazlur Rahman telah memberikan
sumbangsih di dunia Barat, terutama di Amerika, tentang wacana keislaman
modern. Konstribusi yang diberikannya pada paruh terakhir abad dua puluh antara
lain: pertama, ia mampu menggabungkan antara tradisionalisme Islam sunni,
modernisme Islam, dan skolatisisme Barat. Kedua, dalam mencari kebenaran, ia
melakukan inovasi secara berani diantara sikap Islam dan sikap Barat. ketiga, ia mengenalkan
metode yang bersifat interdisipliner. Keempat, dengan sikapnya yang gentle, spirit dan intelektualitasnya yang
tajam, ia dan pemikirannya diterima secara luas dalam pengembangan kajian Islam
di Amerika Serikat. Kelima, dia telah meninggalkan warisan pemikiran kepada
muridnya yang terbesar di universitasdan perguruan tinggi di Amerika Serikat
dan Kanada.
Esensi dari pendidikan bagi Fazlur
Rahman adalah intelektualisme Islam. Ia adalah pertumbuhan suatu pemikiran
Islam yang asli dan memadai, yang harus memberi kriteria untuk menilai
keberhasilan atau kegagalan sebuah sistem pendidikan Islam Implikasi pemikiran
pendidikan dalam Islam adalah sangat besar. Terutama dengan pandangan
pendidikan Islam yang rasionalis religius. Model pendidikan ini cukup mampu
menjembatani ketertinggalan dinamika pemikiran Islam atau klaim kemandulan
budaya pikir masyarakat muslim. Tujuan dan strategi pendidikan dirancang dengan
latar belakang sistemis sesuai perjalanan sejarah Islam abad pertengahan.
Dengan demikian arah strategi pendidikan berkiblat pada pengalaman kegagalan
untuk selanjutnya dibenahi dengan penyesuaian perkembangan waktu.
Buku
ini banyak membahas tentang pemikiran-pemikiran Fazlur Rahman mengenai
neomodernisme dalam ranah pendidikan Islam, dalam buku ini juga terdapat kisah
perjalanan Fazlur Rahman untuk menemukan kebeneran dari pemikiran-pemikirannya.
buku ini cocok dibaca oleh kalangan pendidik dan para pakar pendidikan terutama
para calon-calon pendidik agar lebih tahu akan seluk beluk perkembangan
pendidikan Islam.
Namun,
di sisi kekurangan pada buku ini, penulis menggunakan bahasa intelektual
sehingga sulit dipahami oleh pembaca pemula, dan kata-katanya banyak terjadi
pengulangan. Meski demikian buku
ini tetaplah menarik untuk dibaca. Menurut saya, buku ini hendaknya menjadi
buku bacaan wajib setiap guru, dosen atau pecinta pendidikan yang mengajar
materi sejarah dan filsafat pendidikan. Dan bisa jadi merupakan solusi yang tepat untuk membantu
mahasiswa dalam meneliti, lebih khusus terhadap tokoh-tokoh klasik dan lokal.
0 comments:
Post a Comment